Belajar IT dengan Membaca? Why Not?

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiqqJRMYhn9K2HSUESXzSesPL5Bl08JBXlujM8gcREOzR0PJWStgGbS1O6ixTvUmsV6pFAhSbzgRirNuLhUSJeW3b5vzptlx7ApKHrsNkdY7RdUIJt41BHHRsE_FDYp8G9AoHUYtlcOtH9M/s72-c/Buku+IT.jpg click to zoom
Ditambahkan Jumat, Agustus 19, 2016
Kategori Artikel
Status @Saya guru biasa, bukan seorang programer tetapi suka dengan IT. Dulu kuliah jurusan Pendidikan Sejarah tetapi tertarik dengan teknologi....
Share
Hubungi Kami
PINJAM SEKARANG

Review Belajar IT dengan Membaca? Why Not?

@Saya guru biasa, bukan seorang programer tetapi suka dengan IT. Dulu kuliah jurusan Pendidikan Sejarah tetapi tertarik dengan teknologi. Mau kuliah lagi di jurusan IT, mikirnya beberapa kali. Maka saya pun memutuskan untuk belajar IT secara otodidak. Ya, Otodidak dan itu hanya bisa saya lakukan dengan kegiatan membaca.
Belajar IT secara otodidak dimulai ketika saya duduk di bangku kuliah. Ketika itu saya menemukan program CorelDraw 9 yang ada di salah satu PC rental teman yang sedang saya gunakan untuk menyelesaikan order ketikan pelanggan. Melalui membaca buku tutorial Coreldraw akhirnya saya pun bisa menggunakan program tersebut untuk keperluan desain grafis. Kebiasaan ini berlanjut saat saya terjun di dunia kerja. Saat itu saya diberi amanat sebagai desainer grafis dan layouter redaksi majalah sekolah. Sekali lagi saya belajar menjadi seorang desainer grafis dan layouter majalah dengan membaca buku. Kisah di atas hanya sebagian contoh pemanfaatan buku IT yang pernah saya lakukan. Nah, kali ini saya akan berbagi bagaimana cara menggunakan buku IT sehingga buku tersebut benar-benar memberdayakan dan dapat meningkatkan kompetensi kita.

#1 Teliti Sebelum Membeli
Telitilah sebelum Anda membeli buku IT. Ada banyak judul buku IT dan banyak tutorial program yang ditulis oleh penulisnya. Hal yang bisa Anda pikirkan sebelum membeli buku IT adalah:
  • Pastikan bahwa program yang ditulis dalam tutorial benar-benar Anda butuhkan untuk kehidupan Anda ( Lomba, Pengajaran, Bisnis dll )
  • Pastikan pula komputer di rumah memiliki program seperti yang tertera dalam buku IT. Jika Anda belum memiliki program tersebut, pikirkan cara mendapatkan CD Instalasi programnya. Ada beberapa program yang bisa diunduh gratis langsung dari situs resmi, ada yang berbayar dengan sistem trial dan lain-lain
#2 Scaning Buku
Katakanlah Anda sudah menentukan kebutuhan yang diharapkan dari hasil mempelajari program dan komputer di rumah pun sudah ada progran yang sama dengan program yang tertera di buku. Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan scanning. Scanning ringan bisa Anda lakukan dengan membuka halaman demi halaman dan membacanya sekilas dari awal hingga akhir. Dengan scanning ni Anda akan memperoleh gambaran besar tentang isi buku secara umum dan hasil akhir yang ingin dicapai.

#3 Baca dan Praktikkan Tiap Bab
Setiap buku IT disajikan menurut beberapa level / tingkatan. Setiap tingkatan tentu akan menyajikan tutorial selangkah demi selangkah mulai dari langkah termudah hingga menemui hasil akhir. Ibarat seorang murid kepada gurunya, saya sarankan Anda menurut apa yang dikatakan dalam tutorial tersebut.
Baca dan praktikkan selangkah demi selangkah. Jangan pernah beranjak membaca dan mencoba bab selanjutnya sebelum Anda benar-benar memahami dan menguasai bab sebelumnya.

#4 Praktikkan Tanpa Melihat Buku
Jika seluruh bab sudah Anda lahap, cobalah untuk melakukan praktik latihan sekali lagi tanpa melihat buku. Seandainya ada langkah-langkah tertentu benar-benar membutuhkan untuk membuka buku, silakan bisa membuka buku itu kembali.

#5 Amati dan Modifikasi
Lakukan latihannya sekali lagi, namun kali ini Anda bisa memodifikasi sendiri dengan bentuk yang lain tetapi masih dengan langkah dasar yang sama seperti dalam tutorial. Misalnya dalam tutorial Anda diminta membuat animasi Kotak ditarik, cobalah untuk memodifikasinya dengan membuat bola memantul.

OK. Saya kira 5 tips sederhana ini dulu yang bisa saya bagikan. Intinya buku IT adalah jenis buku ketrampilan, maka tiada lain selain latihan demi latihan yang dapat dilakukan untuk melatih ketrampilan tersebut. Pantang menyerah dan tekun berusaha. Yakinlah bahwa Tuhan memberikan kita modal akal untuk itu. Maka...belajar IT secara otodidak dengan membaca? Why Not?



Komentar