Tips Membaca Para Ulama

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhH_up2vjKwQG0dZGK5u_XzdJroc5-67PYm3gaTYRJ7zEZWX8oD_vPy-vQcuGUTnLPI9lTY_R1W8cN4wOev6KZyfVQ8qFfKnRI7ZYJhopwHcHuONq_XOLRTowMlI2marOEJrpG6AULNRvG8/s72-c/sampul+gila+baca.jpg click to zoom
Ditambahkan Senin, Januari 07, 2019
Kategori Artikel
Status @ Manusia yang berilmu memiliki ciri khas yakni ia akan selalu dekat dengan buku. Buku menjadi pintu gerbang ilmu pengetahuan sehingga de...
Share
Hubungi Kami
PINJAM SEKARANG

Review Tips Membaca Para Ulama

@ Manusia yang berilmu memiliki ciri khas yakni ia akan selalu dekat dengan buku. Buku menjadi pintu gerbang ilmu pengetahuan sehingga dengan mendekat kepada buku maka ia akan mendekatkan diri pada ilmu pengetahuan. Saya tidak bisa membayangkan seandainya tidak ada ilmu yang tersimpan di dalam buku, bisa jadi ilmu tersebut akan menguap dan tidak akan terpelihara.
Membaca judul buku Gila Baca Ala Ulama karangan Ali bin Muhammad Al-Imran ini di rak buku perpustakaan sekolah menarik bagi saya untuk meminjamnya. Ulama adalah guru, dan memang selayaknya guru itu memiliki kebiasaan membaca sebab kehidupan guru tak jauh dari ilmu pengetahuan bukan? Kenyataannya tidak banyak guru yang mau meluangkan waktunya membaca buku. Kegiatan lain terasa lebih asyik daripada membaca buku, lalu jika gurunya saja tidak mau membaca buku lantas bagaimana dengan muridnya?

Buku ini mengisahkan tentang para ulama yang memiliki kebiasaan membaca sebagai bagian dari kehidupannya.Para ulama ini akan terus mencari ilmu tanpa batas akhir. Mereka bahkan mengerahkan segala kemampuan dan tenaga untuk meraihnya ( hal.32). Tak salah jika para ulama patut dijadikan teladan bagi kita semua dalam menuntut ilmu.

Para Ulama akan berbagi rahasia kegiatan membacanya yang diulas di dalam buku ini. Yuk, intip isinya di cuplikan di bawah ini:

Membaca Buku Tebal dalam Waktu Singkat
Sebut saja Ibnu Lubbaj, beliau dalam satu pekan tuntas membacakan kitab Shahih Bukhari di masjid Cordoba. Beliau membagi dalam dua waktu yang panjang dan padat tiap hari yakni pagi dan sore. Kisah ulama Ibnu Lubbaj tersebut adalah satu dari beberapa ulama lainnya yang berhasil membaca buku tebal dalam kurun waktu tertentu. Ada yang 3 hari, 3 kali pertemuan, enam hari dan lain sebagainya. Intinya adalah jika kita mau menyelesaikan isi sebuah buku maka kita harus berkomitmen untuk menyediakan waktu tertentu membaca buku tersebut.

Membaca Berulang-ulang
Kegiatan membaca berulang-ulang ini dilakukan agar bacaan yang telah kita baca dapat terpatri kuat dalam ingatan. Barangkali inilah salah satu rahasia para ulama begitu piawai berdakwah dengan menyebutkan hadits-hadits dalam tema dakwahnya. 

Menyalin Isi Buku
Seperti yang pernah tertulis dalam artikel sebelumnya, bahwa kegiatan membaca erat kaitannya dengan kegiatan menulis. Hal ini pula yang dilakukan oleh Imam Syafi'i.yang selalu menuliskan makna hadits yang ia baca agar tak lenyap begitu saja.

Buku ini benar-benar menjadi motivator bagi kita sebagai pengobar semangat baca. Ya, para ulama adalah orang mulia karena dengan ilmu pengetahuan yang dimilikinya, Insya Allah, janji Allah akan menaikkan derajat mereka dapat terwujud. Nyatanya, mereka begitu dihormati dan dijunjung tinggi karena keluasan ilmunya bukan. Dan rahasianya adalah MEMBACA.

DATA BUKU:

Judul : Gila Baca Ala Ulama - Menilik dan Meneladani Para Ulama dalam Menuntut Ilmu
Penulis : Ali bin Muhammad Al-Imran
Penerjemah : Arif Fauzi
Penerbit : Pustaka Arafah, Solo
Tahun : 2010
Jumlah Halaman : 172 Halaman



Komentar